JEGA ARUFA


Jalan yang harus ditempuh...

WOT

Bismillahirrahmanirrahim,

Empat jam sebelum kepulanganku ke Blitar…

 

Banyak belajar banyak hal mengenai pendidikan. Inilah yang kumaksud dari menyentuh hati. Bagaimana seorang anak akan berkembang , apabila kekerasan pikiran dan fisik terus mereka terima. Orang tua yang terlalu banyak menuntut, mengomel dan berburuk sangka pada anaknya sendiri. Setiap anak memiliki sisi gelap dan terang yang berbeda. Ketika kamu mampu melihat sisi terangnya, maka semua lapisan akan menjadi baik . I’m not stupid too film yang merepresentasikan dunia pendidikan yang bersentuhan dengan dunia kekerasan fisik maupun mental.

Sering dijumpai berita pemukulan terhadap siswa. Tetapi, perlu menjadi kecermatan pula. Manakah yang menimbulkan konflik? Akarnya, berasal dari “rumah” ini yang tersirat. Semua berangkat dari rumah. Kepercayaan. Kehangatan dan cinta yang diberikan oleh orang tua, itu sangat berarti untuk perkembangan seorang anak.

Perhatian oleh orang tua yang tidak diembel-embeli kepentingan “uang” menciptakan suatu suasana kondusif bagi sebuah keluarga. Bagaimanapun, rumah adalah inkubator pertama dan utama. Ketika bakat sang Anak sudah ditemukan, hargailah ia. Pujilah. Belajarlah mencintai dengan tulus. Tidak bisa mengukur kecerdasan anak hanya berdasarkan nilai di raport, kemampuan anak tidak bisa diterjemahkan dengan angka yang berkuantitas mutlak. Memiliki ambivalensi tentang sebuah bakat yang tidak mutlak. Karena terus berkembang apabila diasah. Dan ia akan diam dalam diri manusia, bahkan menjadi tekanan apabila tidak disalurkan dengan baik. Akan menjadi masalah.

 

*Hari ini seharusnya ada amanah yang aku kerjakan, tetapi maaf… aku pulang ke Blitar. Sudah rindu sangat. Aku akan kembali bertugas tanggal 11 Juli

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :